Senin, 22 April 2013

Tugas2 Alat-alat Kesehatan


ALAT-ALAT KESEHATAN
Alat-alat kedokteran adalah alat yang dipergunakan dalam bidang kedokteran. Fungsinya mulai dari pemeriksaan, pemeliharaan, sampai pengobatan. Banyak sekali jenis dari alat-alat kedokteran ini, begitu pun fungsinya.
Hal ini perlu diketahui untuk menambah wawasan kita dalam bidang kedokteran, karena ternyata kini tidak sedikit alat-alat kedokteran yang wajib dimiliki di dalam rumah kita sendiri. Berikut ini adalah beberapa jenis alat-alat kedokteran yang sering dipergunakan serta fungsi pentingnya.
Stetoskop
Stetoskop adalah salah satu alat yang sudah menjadi simbol dari profesi kedokteran. Wajib bagi seorang dokter untuk memiliki alat kedokteran ini. Fungsi dari stetoskop ini adalah untuk mendengarkan detak jantung, suara usus, dan lain sebagainya. Dengan kemampuannya ini, Stetoskop dapat digunakan pula untuk mengetahui kerja paru-paru dan juga untuk mengukur tekanan darah dengan mendengarkan denyut nadi.
Endoscopy
Endoscopy adalah salah satu alat kedokteran yang memiliki fungsi untuk mengetahui kelainan yang terjadi pada alat-alat pencernaan bagian atas dan juga tenggorokan.
Colonoscopy
Colonoscopy adalah alat kedokteran yang fungsinya untuk mengetahui kondisi saluran pencernaan bagian bawah. Bagian tersebut dimulai dari rectum, anus sampai dengan usus pada bagian bawah.
Tensimeter
Alat kedokteran ini dipergunakan untuk mengukur tensi atau tekanan darah. Dipergunakan untuk pemeriksaan pasien hipertensi, anemia, dan lain sebagainya. Ada dua jenis tensimeter yaitu tensimeter air raksa dan tensimeter digital.
Tensimeter air raksa di luar negeri saat ini sudah dilarang untuk digunakan lagi karena bahaya dari air raksanya jika tensimeter tersebut pecah. Tensimeter digital sendiri lebih canggih dan praktis dipergunakan, namun harganya memang lebih mahal dibandingkan dengan yang konvensional.
Termometer
Termometer adalah alat kedokteran yang dipergunakan untuk mengukur suhu tubuh. Ada dua jenis termometer yaitu termometer raksa dan digital. Perbedaannya terletak pada alat pengukurnya.
Untuk termometer digital, jika suhu tubuh sudah di dapat maka alat tersebut akan mengeluarkan bunyi dengan sendirinya sedangkan termometer raksa sendiri deteksinya memakan waktu yang lama, sehingga kurang efisien untuk dipergunakan. Ini salah satu alat yang wajib dimiliki dan tersimpan di kotak P3K Anda.
CT-Scan
CT- singkatan dari Computed Temography sedangkan Scan adalah foto. Sehingga fungsi dari alat ini tiada lain adalah untuk menghasilkan foto bagian-bagian dalam dari tubuh dengan lebih lengkap dan akurat. Hal ini dikarenakan foto yang dihasilkan dari CT-Scan ini merupakan foto (gambar) bagian dalam tubuh berupa irisan.
X-Ray
Orang lebih mengenal alat kedokteran ini dengan sebutan Rontgen. Alat ini dipergunakan untuk mengetahui bagian dalam khususnya paru-paru. X-ray menjalankan fungsi kerjanya dengan penggunaan sinar radiasi.
Laparoscopy
Alat kedokteran ini adalah alat yang berfungsi untuk pembersihan darah. Selain itu, laparoscopy juga dipergunakan untuk melakukan inseminasi.
Alat Cek Darah
Alat cek darah biasanya memiliki tiga fungsi dalam satu alat. Selain untuk mengecek kadar gula darah, juga dapat digunakan untuk mengecek asam urat dan kolesterol dalam darah. Dipergunakan pada pemeriksaan penyakit kolesterol, asam urat, diabetes, dan lain sebagainya.
Ultrasonography (USG)
USG sering dipergunakan untuk melihat perkembangan janin dalam tubuh ibu hamil, untuk mengecek adanya penyakit lain dalam tubuh seperti kanker, miom, dan lain sebagainya.
Elektrokardiografi (ECG)
Elektrokardiografi adalah alat kedokteran yang fungsinya untuk merekam aktivitas elektro atau kelistrikan yang terjadi di dalam jantung. Hasilnya dapat terlihat pada elektrodiagram. Biasanya dipergunakan pada penyakit-penyakit yang berkaitan dengan fungsi dari jantung.

 Alat2 kesehatan
1.Tensi meter: Alat untuk mengekur tekanan darah
2.Termometer: Alat untuk mengukur suhu tubuh
3.Stateskop: Alat untuk mendengar suara/bunyi dalam tubuh
4.Korentang: Alat untuk mengambil alat-alat steril
5.Gunting Jarungan besar: Gunting untuk memotong jaringan yang sudahmati
6.Arteri klem anatomis: alat untuk menjepit arteri
7.Arteri klem cerugis: alat untuk menjepit arteri
8.Gunting perban : alat untuk menggunting perban
9.Pinset cerugis: alat untuk mengambil kasa
10.Pinset anatomis: alat untuk mengambil kasa
11.Pisau bisturi dan gagang bisturi: pisau untuk membedah
12.Tong spatel: alat untuk menarik lidah
13.Garbu tala: alat untuk mngetahui pendengaran
14.Nal heating: jarum untuk menjahit jaringan / kulit
15.Gudel: alat untuk menopang mulut pada pasien yangkoma
16.Spuid qirserin: alat untuk huknah rendah
17.Standard korentang: tempat untuk meletakkan korentang
18.Monoral: alat untuk mendengarkan DJJ
19.Kasa: sejenis kain tipis seperti perban untuk menutupiluka
20.Vial: obat injeksi dapat beberapa kali pakai
21.Waskom: tempat untuk mengisi air
22.Kom kasa: tempat untuk menaruh kasa
23.Kom betadine: tempat untuk manaruh betadine
24.Kom sputum: tempat untuk mengisi sputum/dahak
25.Kom kasa steril: tempat untuk kasa yang steril

Penggolongan alat kesehatan bisa dibagi menurut :
1.Fungsinya :
   A.PERALATAN MEDIS : Instrumen dengan perlengapan, misalnya – RAY- UTENSILIEN , MISAL :       CATHETER , URINAL
   B. PERALATAN NON MEDIS , misal LAUNDRY , GENERATOR
2.SIFAT PEMAKAIANNYA :
   A.PERALATAN HABIS DIPAKAI ( CONSUMABLE )
   B.PERALATAN yang dapat dipakaiterus menerus.
3.KEGUNAANNYA : misal PERALATAN BEDAH , GIGI , THT , ORTHOPEDI, DLL.
4.Umur peralatan :
    A. Tidak perlu pemeliharaan atau 1x pakai atau yang habis terpakai atau yang mempunyai “unit cost “ renda seperti alat suntik,picet,gunting,selimut.
   B. Alat dengan waktu penyusutan kuran dari 5 th seperti peralatan laboratorium,ruan bedah. 
   C . Alat berat dengan waktu penyusutan lebih dari 5 th  atau dikaitkan dengan bangunan tempat alat, misal : xray, alat sterilisasi,pencucian.
5. Macam dan bentuknya alat kecil, jarum, alat gigi, alat THTB, alat perlengkapanrumah sakit, autoclave, meja operasi, lampu operasi, unit perlengkapan gigic, alat laboratorium, reagend, alat perlengkapan radiologi. Nuklir. 
6. Katalog pabrik alat
     A. DARI SMIC – RRC : - INSTRUMEN GIGI-INSTRUMEN NTUK AKUPUNKTUR-INSTRUMEN DIAGNOSTIK -INSTRUMEN THT.
    B. DARI AESCULAP - JERMAN :AA : UNTUK KEPERLUAN AUTOPSY ANATOMYAB : MICROSCOPY.

-Alat kesehatan (Tempat tidur pasien, Blender obat, USG, Defibrrillator dll)
-Phantom peraga  (Phantom Persalinan, Phantom IUD, Phantom bayi, Phantom gigi dll)
-Laboratorium (Reagent, Rapid test, Gelas ukur, Golongan darah, Widal, dll)

Berikut ini adalah alat - alat kesehatan yang bisa kita dapatkan di sekitar kita:

# ALAT PENGUKUR TEKANAN DARAH
Alat pengukur tekanan darah atau yang biasa dikenal dengan tensimeter merupakan alat kesehatan basic yang harus dimiliki bukan hanya oleh dokter tapi juga terkadang rumah tangga yang peduli dengan kesehatan pasti selalu menyediakan alat ini di rumah. Bila dulu untuk mengukur tekanan darah menggunakan alat manual, maka saat ini sudah terdapat tensimeter berbentuk digital yang hasilnya lebih akuran dan cara penggunaannya lebih praktis.

# STETHOSCOPE
Ini juga merupakan alat kesehatan yang mutlak harus dimiliki oleh dokter dan tenaga kesehatan yang lain. Alat ini digunakan untuk mendengarkan bunyi yang timbul dari dalam rongga tubuh  yang akhirnya digunakan sebagai dasar untuk mempelajari serta mendeteksi penyakit pasien.
# HEAD BAND, HEAD LAMP, HEAD MIRROR
Fungsi dari alat ini adalah untuk memeriksa rongga tenggorokan, rongga telinga, mata, dll. Selain sebagai alat kedokteran, alat ini juga digunakan para pekerja tambang yang berfungsi sebagai penerangan.

# ALAT PENGUKUR GULA DARAH
Biasanya alat kesehatan ini dimiliki oleh keluarga yang anggota keluarganya terkena penyakit Diabetes Melitus atau biasa juga ditemui di pusat - pusat kesehatan seperti Rumah Sakit, Puskesmas, dll. Alat pengukur gula darah terbaru biasanya juga dilengkapi dengan kemampuan untuk mengukur kadar kolesterol dan juga asam urat.






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar